DJP peduli kesejahteraan wajib pajak
Tips and Other

Pro revolusi industri 4.0, instansi ini sekarang jadi dibenci sekaligus dicintai

Oleh: Aris Suko

Hari itu pukul 08.00, Nampak kerumunan manusia antri memasuki ballroom sebuah hotel berbintang di Kota Magelang. Tampak sekali antusiasme yang luar biasa dari para peserta yang ingin segera mendapatkan ilmu sudah sangat dinanti tersebut.

Sekitar dua ratus orang para pelaku usaha di Magelang baru saja mendapatkan ilmu baru mengenai bagaimana mereka dapat meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Para UMKM mengikuti seminar bisnis dan wirausaha yang diselenggarakan oleh instansi yang tidak biasa melakukan hal ini, yaitu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang.

Di acara tersebut, sang narasumber, Saptuari Sugiharto memberikan pencerahan kepada mereka mengenai ide-ide mengembangkan bisnis, bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi, serta bagaimana meningkatkan nilai perusahaan. Materi kedua yang disampaikan adalah strategi internet marketing, dengan tema “Ledakkan Omset dalam Tiga Jam”.

Kepala KPP Pratama Magelang menjelaskan, bahwa maksud diselenggarakan seminar bisnis dan workshop internet marketing ini yaitu mendorong para pelaku usaha khususnya UMKM meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dan memang benar, ketika acara Nampak sekali suasana yang sangat hidup dan antusiasme yang tinggi sekali.

Dian, seorang pengusaha kerajinan kayu mengatakan bahwa dirinya mendapatkan ide baru produk dan cara baru memasarkan produknya sampai dengan mancanegara. Dia bersyukur sekali terpilih mengikuti acara ini, apalagi dia tidak mengeluarkan biaya apapun. Pun begitu dengan Ayu, seorang crafter, dia mengaku bahwa hanya dalam satu jam setelah mempraktikkan ilmu di workshop, dia berhasil mendapatkan pembeli dari Amerika Serikat.

Satu hal Lagi, KPP Pratama Magelang berhasil memfasilitasi para pelaku UMKM tersebut dengan sebuah perusahaan perdagangan besar yang berkedudukan di Yogyakarta yang penjualannya di seluruh dunia khususnya Amerika Serikat.

Hal ini menimbulkan citra baru Kantor Pajak sebagai Institusi yang tidak hanya mengambail pajak dari masyarakat, namun juga sangat peduli terhadap kesejahteraan wajib pajak. Direktorat Jenderal Pajak menjelma menjadi institusi yang dibenci sekaligus dicintai oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *