Mengapa Ada Pajak-pajak Dalam Rangka Impor

Categories Pajak

Sebelum melakukan pembelian barang dari penjual di luar negeri, Anda harus memahami bahwa jumlah yang Anda bayar tidak hanya harga barang dan ongkos kirimnya. Jangan sampai niatan membeli barang eksklusif dari penjual di luar negeri berakhir dengan kejadian tidak menyenangkan yaitu timbulnya biaya-biaya di luar perkiraan, yang jika Anda tidak mau membayar, maka barang tidak akan dapat Anda terima, meskipun telah berada di Indonesia.

Mengapa ada pajak-pajak dalam rangka impor? Ada beberapa faktor yang menyebabkan pemerintah menetapkan pungutan-pungutan ini. Pertama, untuk perlindungan warga negara. Perlindungan ini bisa dalam arti yang sebenarnya, yaitu jangan sampai arang-barang yang membahayakan keselamatan warga dan kedaulatan negara masuk. Selain itu, perlindungan adalah kepada para pelaku usaha dalam negeri. Ini bisa dilihat dari trade war (perang dagang) yang sedang terjadi saat ini antara China dengan Amerika Serikat. AS mengenakan bea masuk yang tinggi untuk barang-barang tertentu dari China, begitu pula sebaliknya. Tujuannya adalah agar barang yang masuk dari negara rival harga nya menjadi tinggi sampai ke tangan konsumen, sehingga konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli barang tersebut.

Tujuan kedua pemerintah memungut pajak-pajak dalam rangka impor adalah untuk meningkatkan penerimaan negara. Hal ini mudah dimengerti, karena sumber pendanaan negara Indonesia saat ini sebagian besar adalah dari pajak.

Lantas, pajak-pajak dalam rangka impor apa sajakah yang harus kita bayar jika kita membeli barang dari luar negeri? Simak jawabannya di artikel berikut.

1 thought on “Mengapa Ada Pajak-pajak Dalam Rangka Impor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *